30 Oktober 2017

84 Persen Kasus Ada di Asia Afrika, KAA Tak Bahas HIV/AIDS

Khudori    •    Minggu, 19 Apr 2015 09:54 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah penderita HIV/AIDS di kawasan Asia dan Afrika sangat mengkhawatirkan, dari 35 juta kasus di dunia, 84,29 persen atau 29,5 juta kasus terjadi di Asia dan Afrika. Namun masalah besar itu luput dari perhatian Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berlangsung dari tanggal 19-24 April 2055 di Jakarta dan Bandung.
 
Aktivis AIDS Watch Indonesia (AWI) Jakarta, Syaiful W. Harahap mengatakan, dalam satu tahun jumlah kasus HIV yang terjadi di kawasan Asia Afrika mencapai 1.564.000 - 2.151.000.
 
“Angka-angka itu sangat nyata, tapi banyak pemimipin di Asia dan Afrika menutup mata karena mereka memakai pijakan moral dalam memandang HIV/AIDS sebagai fakta medis. Sayang, satu masalah besar yaitu AIDS luput dari perhatian,” kata Syaiful dalam siaran pernya yang diterima Metrotvnews.com, Minggu (19/4/2015).
 
Menurutnya, banyak negara di Asia dan Afrika menampik HIV/AIDS sebagai ancaman kesehatan masyarakat terhadap negaranya, karena mereka berbudaya dan beragama. “Seperti Indonesia di awal epidemi tahun 1980 selalu mengatakan AIDS tidak akan masuk ke Indonesia karena masyarakat Indonesia berbudaya timur dan beragama.
 
Ganjalan terbesar dalam penanggulangan HIV/AIDS di kawasan Asia dan Afrika adalah, banyak negara yang mengaitkan HIV/AIDS dengan norma, moral dan agama, sehingga program pencegahan yang realistis tidak dijalankan. “Ini yang perlu diperangi dan bisa menjadi bagian dari pembicaraan pada konferensi,” kata Syaiful.
 
Ia menilai, muara dari pengaitan norma, moral dan agama kepada HIV/AIDS adalah penolakan besar-besaran terhadap kondom karena dikesankan sosialisasi kondom akan melegalkan perzinaan dan pelacuran. “Tanpa ada kondom pun zina dan pelacuran terus berlangsung,” ujarnya.
 
Dengan jumlah kasus HIV/AIDS yang besar di Asia dan Afrika tentulah kelak akan menjadi beban karena akan banyak anak yang lahir dengan HIV/AIDS. “Ini titik lemah yang akan membuat Asia Afrika terpuruk di tengah persaingan global,” kata Syaiful. (FZN)

[Sumber: http://jatim.metrotvnews.com/read/2015/04/19/388110/84-persen-kasus-ada-di-asia-afrika-kaa-tak-bahas-hiv-aids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.