15 Juli 2017

Tanggapan terhadap Berita di “TVRI”: Kerahasiaan Odha

Oleh Syaiful W. HarahapLSM “InfoKespro” Jakarta

Sebagai media yang menjangkau khalayak ramai alangkan sayangnya berita “TVRI” tentang HIV/AIDS di Padang yang disiarkan tanggal 13 September 2003 pada acara berita pukul 15.00.

Dalam berita itu disebutkan bahwa kerahasiaan Odha (Orang yang Hidup dengan HIV/AIDS) menjadi penghalang dalam penanggulangan HIV/AIDS. Pernyataan ini, walaupun, dikutip dari pejabat, akan lebih baik kalau dikonfirmasi dengan pihak lain agar berita tidak misleading (menyesatkan).

Walaupun identitas orang-orang yang HIV-positif dipublikasikan yang menjadi persoalan justru penduduk yang terinfeksi tapi tidak terdeteksi. Inilah sumber penyebaran HIV di Tanah Air. Seorang laki-laki yang terinfeksi dari seorang pekerja seks akan menyebarkan HIV secara horizontal kepada istrinya dan kepada pasangan seksnya yang lain. ***

Catatan: pernah dimuat di http://aidsmediawatch.blogspot.co.id/2009/08/tanggapan-terhadap-berita-di-tvri.html - 28 Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.