24 Juli 2016

Anak Muda Ini Takut Kena AIDS Setelah Ngeseks Tanpa Kondom dengan Sesama Jenis

Tanya Jawab AIDS No 2/Juli 2016

Oleh: SYAIFUL W. HARAHAP – AIDS Watch Indonesia

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar semua pembaca bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Tanya-Jawab AIDS ini dimuat di: “AIDS Watch Indonesia” (http://www.aidsindonesia.com), kompasiana.com/infokespro, dan baranews.co. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan ke Syaiful W. Harahap melalui: (1) Telepon (021) 8566755, (2) e-mail: aidsindonesia@gmail.com, (3) SMS 08129092017, dan (4) WhatsApp:  0811974977. Redaksi.

                                                                         *****
Tanya: Saya melakukan hubungan seksual sesama jenis tanpa memakai kondom. Saya tidak pernah ganti-ganti pasangan. Apakah saya bisa terkena HIV/AIDS?

“B” via SMS (47-2016)

Jawab: Ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

(1) Apa yang Anda maksud dengan tidak pernah ganti-ganti pasangan? Kalau yang Anda maksud adalah tidak pernah mempunyai pasangan seksual selain dengan yang sekarang, maka persoalannya adalah: Apakah Anda bisa menjamin bahwa pasangan Anda tsb. tidak punya pasangan lain?

Kalau Anda tidak bisa jamin, itu artinya ada risiko karena pasangan Anda adalah seseorang yang perilakunya berisiko tertular HIV/AIDS sehingga Anda pun berisiko pula tertular HIV/AIDS.

(2) Apakah hubungan seksual ini yang pertama Anda lakukan? Kalau jawabannya YA, maka persaoalan ada pada pasangan Anda, yaitu: Apakah hubungan seksual dengan Anda yang pertama dia lakukan? Kalau jawabannya TIDAK, lagi-lagi ada risiko penularan HIV/AIDS terhadap Anda dari pasangan Anda.

Risiko penularan HIV/AIDS melalui seks anal tanpa kondom lebih besar daripada melalui seks vaginal. Jika khawatir, silakan konseling ke Klinik VCT di rumah sakit umum (RSU) atau ke Puskesmas di daerah Anda. *** [AIDS Watch Indonesia] ***

Ilustrasi (Repro: www.spreadshirt.com)

2 komentar:

  1. Astaghfirullahalazim www.posiklanbaris.com

    BalasHapus
  2. It is also necessary to consider ease of use and the quality of the workmanship. Cheaper fake rolex sale winders can be noisy. For replica watches sale box or case, consider how it will be used. Will the owner be traveling with it? Then look for sturdy, secure construction. Is the owner a replica watches uk collector who enjoys displaying his or her collection? Then choose an elegant model with a clear glass lid. Check the quality of the hinges and fake breitling how well the lid closes. If the rolex replica sale box is meant for travel, make sure the unit closes and locks securely. Taking the time to choose the right watch winder, watch box or rolex replica case is well worth the effort in order to protect the investment in quality time pieces.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.