18 Juli 2014

Pesawat Malaysia Airlines #MH17 Angkut Peserta Konferensi AIDS d Melbourne


Jakarta, aidsindonesia.com (18/7-2014) - Pemerintah Australia, Jumat (18/7/2014), membenarkan informasi beberapa penumpang di pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH17 yang jatuh adalah peserta konferensi AIDS Internasional di Melbourne, Australia, 20-25 Juli 2014. 

Dilansir dari Reuters, penyelenggaraan konferensi AIDS tersebut rencananya digelar selama seminggu dengan beberapa peserta dari Belanda. Salah satu pembicara yang dijadwalkan hadir pada konferensi ke-20 ini adalah mantan Presiden AS Bill Clinton.

"Sejumlah orang yang berada di pesawat dalam penerbangan untuk konferensi AIDS internasional," kata Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop membenarkan kabar tersebut. 

Bishop menegaskan, setidaknya 27 warga Australia, termasuk di antara 298 penumpang pesawat Boeing yang dianggap pesawat jet teraman tersebut.

Pesawat Malaysia Airlines MH17 dari Amsterdam dengan Kuala Lumpur memang terhubung dengan penerbangan di Perth, Australia Barat.

Sementara itu, Direktur UNAIDS, lembaga PBB yang menangani masalah HIV/AIDS, Michael Sidibe, melalui akun Twitter-nya, mengucapkan belasungkawa terhadap keluarga penumpang yang akan menghadiri konferensi tersebut.

"Saat ini waktu yang sangat sedih dan sensitif. IAS dengan keluarga internasional kami mengirimkan belasungkawa kepada orang terkasih dari mereka yang hilang pada tragedi ini," kata Michael Sidibe di Melbourne.

Pemerintah Ukraina sebelumnya menuduh "teroris" yang berjuang untuk menyatukan Ukraina timur dengan Rusia telah menembak jatuh Boeing dengan nomor seri 777-200 tersebut. Namun, para pemberontak menolak bertanggung jawab.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan, jika jatuhnya sebuah pesawat Malaysia di wilayah Ukraina timur adalah tindakan yang disengaja, itu adalah kejahatan yang tak termaafkan dan pelakunya harus segera dibawa ke pengadilan.(Akhmad Dani/kompas.com)

1 komentar:

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.