02 Mei 2014

PMI: 4.000 Pendonor Darah di Riau Idap HIV/AIDS

Pekanbaru, aidsindonesia.com (2/5/2014) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Riau mendeteksi, selama tahun 2013 hampir 4.000 pendonor darah di Riau ternyata mengidap HIV/AIDS. Penderita yang ditemukan PMI Riau itu kemudian dikonseling dan mendapat pengobatan, untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Dijumpai Jurnal Nasional di kantornya, Jumat (2/5), Sekretaris PMI Riau, Bemi Hendrias SE.Ak mengatakan, PMI Riau memiliki unit yang mengawasi tentang HIV/AIDS. Selain itu, juga mengawasi virus seperti hepatitis, dan penyakit menular lainnya.

“Hampir 4.000 penderita HIV/AIDS yang tersebar di Riau, sudah terdeteksi oleh PMI. Tetapi, HIV/AIDS seperti gunung es. Di permukaan ada 4.000 penderita, kalau mereka sudah berkeluarga, barangkali sudah menularkan kepada pasangan dan anaknya. Mungkin lebih 12.000 penderita HIV/AIDS di Riau,” kata Beni.

Dia menambahkan, penderita HIV/AIDS terdeteksi sewaktu menyumbangkan darah. Seluruh penderita yang terdeteksi itu kemudian dikonseling dan diberikan obat-obatan. “Saat ini kita masih dibantu global fund untuk peralatan test dan obat-obatan. Namun, 2015 akan diputus. Kita harus berpikir, bagaimana mengupayakan dana untuk mengatasi penyakit ini. Kalau yang 4.000 ini bisa kita lokalisir, yang baru jangan lagi terinfeksi,” jelas Beni.

Menurut Wakil Ketua PMI Riau, dr Rahmansyah, penderita HIV/AIDS saat ini tidak hanya kalangan tidak berpendidikan. Tapi kalangan berpendidikan yang terinfeksi HIV/AIDS juga sudah ada di Riau.  

Sementara itu, Ketua PMI Riau, Drs Syahril Abu Bakar MSi, yang baru terpilih pada Musprov PMI Riau 15 Maret lalu untuk masa bakti 2014-2019, memaparkan, setiap bulan PMI menyediakan 3.000 hingga 4.000 kantong darah di PMI Pekanbaru.

Melihat tingginya minat masyarakat akan ketersediaan darah, pihaknya berharap masyarakat bisa lebih aktif mendonorkan darahnya. Dia mencontohkan, di sebuah perguruan tinggi saja, dari 16 ribu mahasiswa, hanya 50 mahasiswa yang aktif mendonorkan darahnya ke PMI. Padahal, saat ini tingkat kecelakaan, terutama di Pekanbaru, cukup tinggi dan membutuhkan banyak darah.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada pelantikan pengurus PMI Riau terpilih oleh Ketua Umum PMI, yang dijadwalkan Senin (5/5), di Pekanbaru, akan dilakukan pula penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara PMI dengan Serikat Pekerja Perkebunan Pertanian K-SPSI.

MoU yang akan ditandatangani oleh Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla dengan Ketua Umum, Serikat Pekerja Perkebunan Pertanian-SPSI, Achmad Sudibyo, terkait dengan kesiapan Serikat Pekerja Perkebunan Pertanian K-SPSI untuk mendukung donor darah dan penanggulangan bencana. “Anggota Serikat Pekerja Perkebunan Pertanian K-SPSI se-Indonesia itu sekitar 800 ribu orang, sedangkan di Riau ada 80 ribu orang, dan mereka siap mendukung PMI,” ujar Syahril.

Pada pelantikan itu, PMI mengundang seluruh jajaran PMI, PMR (sekolah & perguruan tinggi), swasta, LAM, K-SPSI dan seluruh aktivis kemanusiaan. “Kami juga mengundang 50 orang pendonor darah aktif untuk bertatap muka dengan Ketua Umum PMI,” tambahnya.

Sebagai orang baru di PMI, Syahril bertekad menolong masyarakat banyak. Beberapa program telah disusun bersama jajarannya, antara lain konsolidasi organisasi, menyiapkan personil yang siaga 24 jam, menata kembali mekanisme kerja di PMI.

Kemudian, dia juga akan menyiapkan Ambulan Reaksi Cepat, serta membangun traumatic center clinic, mengingat banyaknya kecelakaan yang terjadi di Pekanbaru, namun tidak tertangani dengan cepat. Selain itu, sosialisasi juga akan digiatkan, melalui Lembaga Adat Melayu, dan Kakanwil Agama, untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya donor darah. (Lisda Yulianti Harnina/http://www.jurnas.com/)

1 komentar:

  1. PUSAT PEMBESAR PENIS, OBAT KUAT TAHAN LAMA, PERANGSANG WANITA, KOSMETIK, DAN ACCESORIES SEX P/W TERLENGKAP...!!



    Pembesar Penis Cepat

    Vakum Pembesar Penis

    Obat Kuat Sex

    Obat Penggemuk Badan

    Pelangsing Tubuh Cepat

    Perontok Bulu Kaki

    Penis Ikat Pinggang

    Alat Pembesar Payudara

    Obat perangsang wanita

    Vagina Center

    Obat Penyubur Sperma



    HOTLINE : 0812 3377 0077

    PIN BB : 2A70 31BC

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.