02 Mei 2014

Penderita HIV AIDS di Sumsel capai 1.705 orang

Palembang, aidsindonesia.com (2/5/2014) - Jumlah pengidap HIV AIDS di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sejak 20 tahun terakhir mencapai 1.705 orang. Sedangkan penderita yang sudah meninggal dunia sebanyak 124 orang.

Direktur Eksekutif Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumsel Amirul Husni mengungkapkan, penderita HIV AIDS terbanyak berada di Kota Palembang dengan total 512 orang. Kemudian disusul enam daerah lain, seperti Ogan Komering Ilir (32 orang), Ogan Komering Ulu (32), Muara Enim (25), Prabumulih (22), Banyuasin (14), dan Musi Banyuasin (11).

"Total penderita HIV AIDS di Sumsel selama 20 tahun terakhir mencapai 1.705 orang. Mereka tersebar di seluruh daerah dan yang terbanyak di Palembang dan enam daerah lain," ungkap Husni kepada merdeka.com (2/5).

Kasus terbaru terjadi pada Januari 2014 lalu di Palembang dengan munculnya 13 orang penderita HIV AIDS. "Itu data terbaru yang masuk, kemungkinan tiga bulan terakhir kembali bertambah," kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya terus mensosialisasikan bahaya penyakit ini kepada masyarakat, terutama yang rentan terhadap penyakit kelamin. Jika ditemukan kasus tersebut, langsung ditindaklanjuti ke rumah sakit untuk pemeriksaan.

"Setiap kota besar memang rawan terjadi penularan. Apalagi banyaknya perilaku seks bebas di kalangan masyarakat saat ini," tukasnya. (
Irwanto/merdeka.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.