23 Mei 2014

5 Balita dan Anak Terkena HIV/AIDS Dipantau KPA

Temanggung, aidsindonesia.com (22/5-2014) - Sebanyak 5 balita dan anak, di kabupaten Temanggung terpapar HIV/Aids masuk dalam pantauan intensif Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Temanggung.

Pengelola Program KPA Kabupaten Temanggung Anang Agus Kamis (22/5) mengatakan sejak kali pertama ditemukan 1997 hingga Mei 2014 ditemukan 249 kasus HIV/Aids di Temanggung, dengan 117 penderita meninggal dunia dan 103 masih hidup. Dari jumlah itu, anak dan balita yang terpapar mencapai 16 anak dan 10 diantaranya meninggal dunia.

"Kami memantau 5 anak terpapar HIV/Aids yang diantaranya masih balita. Satu balita merantau bersama kakek - neneknya ke Kalimantan sehingga tidak terlacak," kata Anang Agus.

Dikatakan, anak-anak tersebut terpapar HIV/Aids dari orang tuanya sejak masih dalam kandungan. Mereka terdeteksi, setelah orangtuanya meninggal atau diketahui menderita penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut. "Anak-anak di test darah di RSUD Temanggung, setelah diketahui terpapar selanjutnya diwajibkan mengikuti program terapi ARV," katanya.

Anak-anak tersebut, terangnya, tumbuh normal seperti umumnya anak-anak sebaya. Mereka bermain dan bersekolah di sekolah umum dan tidak mendapat diskriminasi dalam pelayanan. Hanya saja untuk pertumbuhan dan perkembangan, identitas anak tersebut dirahasiakan, demikian halnya pihak orangtua masih merahasiakan penyakit yang diderita pada anak tersebut.

Hanya saja, terangnya, satu penderita yang masih balita hidup mengkhawatirkan karena kakek neneknya yang merawat, setelah kedua orang tuanya meninggal akibat Aids, merupakan keluarga kurang beruntung, sehingga asupan gizinya tidak bagus.

" Balita ini sebelumnya termasuk gizi buruk. Setelah terdeteksi HIV, kini dalam pantauan KPA, namun  rupanya asupan gizi tiap harinya kurang, sehingga dikhawatirkan kondisi kesehatannya akan memburuk," katanya. (Osy/
KRjogja.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.