16 April 2014

Suami Suka 'Jajan' Bikin Istri Tertular HIV/AIDS

Yogyakarta, aidsindonesia.com (17/4/2014) - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Yogyakarta semakin meningkat dari tahun ke tahun. Data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Yogyakarta menyebut sejak 2004 hingga 2013 ditemukan 677 kasus HIV/AIDS di Kota Gudeg.

Ironisnya tiga tahun terakhir, tren temuan kasus yang ada semakin meningkat jumlahnya. KPA menyebut 2011 terdapat 55 temuan kasus HIV/AIDS, 2012 sebanyak 81 kasus dan pada 2013 jumlahnya meningkat mencapai 111 kasus.

Satu lagi yang patut diwaspadai, ternyata ancaman HIV/AIDS di Yogyakarta kini mengintai kaum Ibu Rumah Tangga (IRT). Sebab berdasarkan data KPA, IRT yang terinfeksi HIV/AIDS di Yogyakarta dari tahun ke tahun trennya semakin naik.

"IRT juga cenderung naik, karena kecenderungan laki-laki jika jauh dari istri akan "jajan" dan itu bisa menularkan ke istri," kata Sekretaris KPA Kota Yogyakarta F Kaswanto di Balai Kota Yogyakarta, Rabu (16/4/2014).


Tren kenaikan IRT yang terjangkit juga beresiko mengakibatkan penderita HIV/AIDS semakin banyak. (Laporan Wartawan Tribun Jogja, Dwi Nourma Handito/tribunNews.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.