21 April 2014

Mensos: 5.500 Jiwa Tewas karena AIDS

Sukabumi, aidsindonesia.com (19 Maret 2014) - Kementerian Sosial menggelontorkan anggaran lebih dari Rp8.687.950.000, untuk program rehabilitasi sosial di Kecamatan Kebon Pedes, Sukabumi, Jawa Barat. 

Penerima bantuan di antaranya Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), orang lanjut usia (lansia), Orang Dengan Kecacatan (ODK), Korban Tindak Kekerasan dan Pekerja Migran (KTKPM)

"Paket bantuan dari Kemensos ini diharapkan menjadi cambuk bagi Pemda untuk terus bekerja agar masyarakat di wilayahnya bisa lebih sejahtera," kata Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri di Kelurahan Jambenenggang, Kecamatan Kebon Pedes, Sukabumi, Rabu (19/3/2014).

Salim menuturkan, anggaran ini akan dikelola oleh Rumah Perlindungan Sosial (RPS) ODHA di Sukabumi. 

“Program penanggulangan AIDS ini menekankan pencegahan melalui perubahan perilaku serta melengkapi dengan layanan pengobatan dan perawatan,” terang Salim.

Kementerian Sosial mencatat penderita HIV/AIDS terus menunjukkan peningkatan setiap tahun. Dari 220 juta penduduk Indonesia, ada 170 ribu hingga 210 ribu yang mengidap HIV/AIDS. 

“Kasus kematian akibat Aids diperkirakan 5.500 jiwa. Epidemi terutama terkonsentrasi di kalangan pengguna obat terlarang melalui jarum suntik dan pasangan intimnya, orang berkecimpung di dunia prostitusi serta pria penyuka sesama jenis, ”tukasnya. (trk/okezone.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.