18 April 2014

Dua Warga Kalijodo, Tambora, Jakarta Barat, Idap HIV/AIDS

Jakartaaidsindonesia.com (22/3/2014) - Dua warga yang bermukim di kawasan Kalijodo, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, diketahui mengidap virus HIV/AIDS.
Informasi tersebut di dapat dari data yang berada di Puskesmas Tambora, Jakarta Barat, setelah melakukan pemeriksaan darah serta tes urine terhadap warga di kawasan Kalijodo, Jakarta Barat pada Januari - Februari 2014, lalu.

"Dalam pemeriksaan darah dan tes urine, keduanya diketahui terjangkit HIV/AIDS," kata Kepala Konseling Klinik Cinta Puskesmas Tambora, dr Nurlaila, Sabtu (22/3/2014).

Dijelaskan Nurlaila, dua orang warga Kalijodo yang mengidap HIV/AIDS adalah pekerja seks komersil (PSK) dan seorang pria homo seksual.

"Keduanya saat ini dalam pengawasan Puskesmas Tambora guna mencegah penyebaran virus HIV/AIDS, khususnya di kawasan Kecamatan Tambora," ungkapnya.

Dari data yang dimiliki, sambung Nurlaila, dalam satu tahun terakhir setidaknya terdapat 26 orang yang terjangkit penyakit kelamin akibat seks bebas, 4 orang positif HIV dan 7 orang menderita penyakit spilis.

Untuk itu, kata Nurlaila, pihaknya selalu mengadakan monitoring dan penyuluhan bagi para PSK di kawasan Kalijodo. Hanya saja, Nurlaila menyangkan ulah dari para PSK yang kerap tidak peduli atau bahkan kabur saat sosialisasi tentang HIV/AIDS digelar.

"Kalau kami periksa mereka cenderung kabur dan tidak peduli, jadi agak sulit juga kita untuk memantau penularan virus HIV di Kalijodo," tandasnya.

Camat Tambora, Yusuf Burhan menuturkan, wajar saja jika di Kalijodo ditemukan banyak penyakit menular karena wilayah tersebut memang tempat prostitusi. "Kami selalu berupaya mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS berkoordinasi dengan puskesmas dan pihak terkait lainnya," kata Yusuf. [dit/Wahyu Praditya Purnomo/inilah.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.