17 April 2014

Dinkes: 33 Kaum Ibu Bekasi Positif AIDS

Bekasi, aidsindonesia.com (23/3/2014) - Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat sedikitnya 33 warga setempat yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga diketahui mengidap AIDS.
"Temuan itu cukup mengejutkan bagi kami, karena penularan HIV/AIDS biasanya kan lebih banyak pengguna narkoba dan pelaku seks berisiko," kata Kasie Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Reni Amalia, di Bekasi, Ahad (23/3).

Menurut dia, jumlah penderita HIV (Human Immuno Deficiency Virus) pada 2013 sebanyak 401 orang, dan 121 orang di antaranya sudah positif terjangkit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Dikatakan Reni, penularan yang terjadi kepada ibu rumah tangga diketahui pihaknya berasal dari suaminya sendiri.

"Suami yang memiliki perilaku seks berlebihan biasanya melakukan hubungan seks berisiko ketika berada di luar rumah atau kota," katanya.

Sesampainya di rumah, kata dia, suami yang sudah tertular virus mematikan itu kembali menularkannya melalui hubungan intim kepada istri.

"Ibu rumah tangga yang tertular itu awalnya memeriksakan kesehatan karena curiga kena keputihan, tetapi setelah dicek lebih lanjut ternyata itu HIV," ujar Reni.

Adapun upaya penyelamatan yang dilakukan pihaknya saat ini masih difokuskan pada pasien yang tengah mengandung.

"Ibu hamil yang diketahui sudah tertular HIV/AIDS akan diberikan obat pencegahan untuk memutus rantai penularan dari ibunya," katanya, seperti dikutip Antara.

Kemudian langkah yang dilakukan selanjutnya adalah proses kelahiran bayi yang dilakukan secara sesar dan tidak disusui oleh ibu kandungnya.

"Masih bisa dilakukan upaya penyelamatan, khususnya untuk si bayi," katanya. (ARF/
GATRAnews).

1 komentar:

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.