23 April 2014

Dampingi Ibu yang Diisukan Terinfeksi HIV di Aceh

Bireuen aidsindonesia.com (23/4-2014) – Yayasan Permata Atjeh Peduli (YPAP) mendampingi kasus stigma dan diskriminasi kepada seorang ibu di Buloh Blang Ara, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Stigma dan diskriminasi tersebut berupa pengucilan yang dilakukan masyarakat terhadap ibu dan seorang anak laki-laki berumur dua tahun.
Pengucilan masyarakat terhadap diri dan anaknya tersebut, tidak diperbolehkan menyewa toko untuk membuka usaha menjahit. Masyarakat tidak mau bergaul dengan dia dan anaknya. Mereka juga dilarang imunisasi oleh puskesmas setempat dan bidan puskesmas serta melarang menyusui bayinya. Diskriminasi ini sudah berjalan selama tiga tahun sejak 2011, setelah suaminya meninggal.
Si ibu tadi dikucilkan, karena diisukan dia terinfeksi HIV. Tapi, setelah team YPAP mengetahui kasus ini, langsung mendampingi sang ibu untuk konseling dan melakukan test darah dan hasilnya negatif  HIV.
Pertemuan dengan Muspika pada 23 April 2014 di Aula Kantor Camat Kuta Makmur itu, untuk merehabilitasi kehidupan sosial sang ibu dan dengan memberikan pemahaman dasar HIV dan stigma kepada Muspika Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, yang disampaikan Muhammad Rijal bersama Yosiani Rullita.
Agenda selanjutnya, YPAP akan melakukan penyuluhan menyeluruh di Kecamatan Kuta Makmur, baik kepada petugas medis, bidan Puskesmas Kuta Makmur, perangkat desa, siswa sekolah menengah atas dan masyarakat umum untuk mengetahui pengetahuan dasar HIV.
Fadhli Djailani, Project Manager YPAP, berterimakasih kepada muspika tersebut yang telah menyambut kedatangan team YPAP dengan baik dan juga mengharapkan untuk tidak mengstigma orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Apalagi hanya dengan menduga-duga bahwa dia terkena HIV. Fatalnya, hal ini berawal dari tenaga medis/bidan puskesmas setempat. (REL/Koran Bireuen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.