08 April 2014

170 Ribu Penduduk Indonesia Terjangkit HIV/AIDS

Jakarta, aidsindoensia.com (20 Maret 2014) – Sedikitnya  di delapan provinsi Indonesia terdapat 79 daerah yang menjadi epidemi penyebaran AIDS . Yaitu Papua, Papua Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur, Jakarta, Kepulauan Riau, Jawa Barat, serta Jawa Tengah. Untuk itu, Kementerian Sosial terus berupaya melakukan program penanggulangan AIDS.
“Program penanggulangan AIDS menekankan pencegahan melalui perubahan perilaku serta melengkapi dengan layanan pengobatan dan perawatan, “  kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, Kamis (20/3).
Menurutnya, dari 220 juta penduduk Indonesia, 170.000 hingga 210.000 di antaranya mengidap HIV/AIDS. Perkiraan prevalensi keseluruhan adalah 0,1 persen di Indoensia dengan pengecualian Papua,  dimana angka epidemik diperkirakan mencapai 2,4 persen dengan cara penularan utamanya melalui hubungan seksual tidak menggunakan pelindung.
“Kasus kematian akibat AIDS diperkirakan 5.500 jiwa. Epidemi terutama terkonsentrasi di kalangan pengguna obat terlarang melalui jarum suntik dan pasangan intimnya, orang berkecimpung di dunia prostitusi serta pria penyuka sesama jenis, ” jelasnya.
Kementerian Sosial, lanjutnya,  melakukan rehabilitasi sosial berbasis masyarakat bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) potensial, bekerja sama dengan 25 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di seluruh Indonesia. Upaya tersebut diwujudkan dengan pemberian dan pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu nutrisi dan obat-obatan bagi ODHA non potensial di 16 provinsi. (tri/yo/Pos Kota/ds).

1 komentar:

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.