03 November 2013

Tes HIV Negatif, Bukan Karena HIV Tidak Ada Lagi HIV dalam Tubuh


Tanya Jawab AIDS No 2/November 2013

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan ke “AIDS Watch Indonesia” (http://www.aidsindonesia.com) melalui: (1) Surat ke PO Box 1244/JAT, Jakarta 13012, (2) Telepon (021) 4756146, (3) e-mail aidsindonesia@gmail.com, dan (4) SMS 08129092017. Redaksi.

*****

Tanya: (1) Jika tes pertama saya dinyatakan positif HIV, lalu setelah minum obat hasil tes negatif, apakah saya sudah bebas HIV? (2) Apakah masih menular jika kelak saya punya istri? (3) Apakah pada saat jendela HIV (masa jendela-pen.) bisa diobati? Saya lihat banyak sekali obat herbal dan bukti-bukti pasien yang sembuh total. (4) Apakah hal itu benar? (5) Bagaimana dengan pasien yang sembuh total dengan tes HIV laboratorium yang tadinya positif lalu setelah melakukan terapi herbal hasil tes negatif setelah dites ulang dua kali? (6) Apakah itu hanya rekayasa? (7) Saya ingin berobat tapi masih sangat takut.

Via SMS (28/10-2013) dari Kota “C”, Jabar

Jawab: (7) Banyak orang yang salah kaprah tentang status HIV/AIDS (apakah sudah tertular HIV atau belum tertular HIV) dan pengobatan HIV/AIDS.

Pertama, seseorang berisiko tertular HIV/AIDS jika ybs. pernah melakukan perilaku berisiko, al. pernah atau sering melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berganti-ganti atau dengan yang sering berganti-ganti pasangan, seperti pekerja seks komersial (PSK).

Kedua, bagi yang pernah melakuka perilaku berisiko, maka dianjurkan segara tes HIV. Tes HIV lebih baik dilakukan di Klinik VCT di rumah sakit umum kerena dilakukan sesuai dengan standar prosedur operasi tes HIV yang baku, al. konseling sebelum dan sesudah tes, informed consent (persetujuan tes HIV setelah memahami HIV/AIDS), anomimitas (contoh darah tidak diberi tanda-tanda yang bisa menunjukkan pemilik darah), dan konfidensial (hasil tes dirahasiakan hanya boleh diketahui konselor, dokter dan ybs.).

Ketiga, tes HIV akurat jika dilakukan setelah masa jendela yaitu minimal tiga bulan setelah tertular. Dalam hal ini tiga bulan setelah melakukan perilaku berisiko. Tes HIV dengan reagen ELISA bukan mencari virus HIV dalam darah, tapi mencari antibody HIV yang baru bisa dideteksi ELISA setelah tiga bulan tertular HIV.

Keempat, jika hasil tes positif, maka tidak otomatis meminum obat. Sekarang sudah ada obat HIV/AIDS. Tapi, bukan menyembuhkan. Obat tsb. yaitu obat antiretroviral (ARV) hanya untuk menekan laju pertumbuhan HIV di dalam darah. Obat ARV diminum oleh pengidap HIV/AIDS jika CD4-nya sudah di bawah 350. Ini diketahui melalui tes darah di laboratorium.

(1) dan (2) Jika melakukan tes HIV yang perlu diperhatikan adalah (a) masa jendela yaitu tertular HIV di bawah tiga bulan, (b) reagen yang dipakai untuk tes, (c) tes konfirmasi (setiap hasil tes HIV harus dikonfirmasi dengan tes lain).

Tiga hal itu merupakan patokan dalam tes HIV sehingga hasil tes HIV bisa saja negatif palsu (HIV ada di dalam darah tapi tidak terdeteksi) atau positif palsu (HIV tidak ada dalam darah tapi hasil tes positif).

Jika yang terjadi pada Anda adalah negatif palsu tentulah kelak bisa menularkan kepada istri. Jika istri tertular ada pula risiko penularan ke bayi yang dikandung istri.

(3), (4), (5), dan (6) Belum ada satu pun jenis virus yang bisa dimatikan di dalam tubuh manusia. Jika seseorang flu, misalnya, yang bisa diobati hanya symptom (gejala yang muncul), seperti deman, pilek, batuk,dll. Sedangkan virus flu obat hanya bisa membuat virus ini ‘pingsan’ sehingga tidak mengganggu lagi. Tapi, ketika kondisi tubuh jelek virus flu kembali muncul dan mengakibatkan demam, flu, batuk,dll.

Pengobatan dengan obat ARV baru dilakukan pada pengidap HIV/AIDS jika CD4-nya di bawah 350. Ini bisa diketahui setelah ybs. menjalani tes  HIV dengan hasil positif. Kalau ada gejala-gejala terkait HIV/AIDS setelah dinyatakan positif HIV barulah dilakukan tes darah untuk mengetahui CD4.

Jika seseorang mengaku hasil tes HIV-nya negatif setelah minum obat herbal itu tidak berarti virus HIV tidak ada lagi di dalam darahnya. Dengan meminum obat ARV secara teratur pun pada satu saat hasil tes HIV akan negatif. Tapi, itu artinya HIV tidak bisa dideteksi bukan tidak ada karena HIV bersembunyi di bagian-bagian khusus dalam tubuh, seperti kelenjar, dengan kondisi ’tidur’.

Tapi, ketika seorang pengidap HIV/AIDS berhenti minum obat ARV maka virus HIV akan kembali menggandakan diri yang berakibat banyak sel darah putih yang rusak sehingga sistem kekebalan tubuh rusak. Pada kondisi inilah disebut masa AIDS dan sangat mudah kena panyakit. Penyakit-penyakit yang diderita pengidap HIV/AIDS di masa AIDS, disebut infeksi oportunistik, seperti jamur di mulut, ruam, diare, TBC, dll. akan menjadi penyebab kematian pada pengidap HIV/AIDS.***

- AIDS Watch Indonesia/Syaiful W. Harahap


7 komentar:

  1. Maaf sy mau meluruskan saja bahwa, sekali pernah test positif antibodi HIV (dan sudah dikonfirmasi dengan Western Blot) maka akan terus ada antibodi HIV tsb. Mungkin maksud anda adalah tes viral load yang akan tak terdeteksi pada orang yang rutin minum obat antiretroviral.

    BalasHapus
    Balasan

    1. JUAL Obat Aborsi Di Purwakarta MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
      Cytotec Asli Di Purwakarta YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER Obat Penggugur Kandungan Di Purwakarta
      YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.
      Ciri Cytotec Asli adalah obatnya tidak ada bentuk lain selain persegi enam dan warnanya pun cuma putih.

      Obat Aborsi Di Purwakarta
      Obat Penggugur Kandungan Di Purwakarta
      Obat Cytotec Asli Di Purwakarta
      Cytotec Asli Di Purwakarta
      Obat Aborsi Di Jakarta

      Hapus
  2. Mungkin maksud anda adalah deteksi viral load . Karena jika tes antibodi sudah pernah terkonfirmasi positif dgn westernblot maka akan selalu positif. Viral load mendeteksi virus hiv yg jika mengkonsumsi obat antiretroviral akan membuat tak ditemukannya virus dlm tubuh. Tp bukan berarti sembuh.

    BalasHapus
  3. Halo,
    Saya didiagnosis penyakit mematikan HIV ini seorang teman saya memperkenalkan Dr Jerry (DR.JERRYSPELLHOME@GMAIL.COM)kepada saya dan saya benar-benar melakukan menghubungi dia setelah ia telah mempersiapkan apa yang ia mengatakan ia akan melakukannya dia mengirimkannya kepada saya dan saya menggunakannya sesuai resep setelah satu minggu saya pergi ke rumah sakit untuk memeriksa status saya lagi karena saya merasa berbeda dari cara saya gunakan ketika saya dinyatakan positif terkejut terbesar saya status itu HIV negatif ada kejutan dan saya harus memberitahu seluruh dunia tentang hal ini Jika Anda mengalami masalah saya sarankan Dr Jerry untuk Anda. Anda dapat menghubungi dia dengan alamat email-nya: ( DR.JERRYSPELLHOME@GMAIL.COM ) atau hubungi nomor telepon yang +2348156769001 untuk kontak langsung terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Saya ingin berterima kasih Dr Oziegbe untuk Obat Herbal HIV dia berikan kepada saya dan anak saya, saya menderita HIV ketika saya melahirkan putri saya dan itu adalah bagaimana anak saya mendapat penyakit tidak langsung dari saya, tapi kepada Allah menjadi kemuliaan bahwa saya sembuh dengan obat herbal yang Dr Oizegbe berikan kepada saya ketika saya email dia. saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang bahwa solusi untuk penyakit kita telah datang, jadi saya akan seperti Anda untuk menghubungi penyembuh besar ini pada alamat email-nya, (droziegbespellhomecure@gmail.com) dengan dia semua rasa sakit Anda akan pergi, saya benar-benar senang hari ini bahwa saya dan putri saya sembuh dari HIV, kita sekarang Negatif setelah penggunaan obat Herb nya, dokter spesialis saya mengkonfirmasikannya. sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kepada Anda Dr Oziegbe untuk penyembuhan tangan atas hidup saya dan putri saya, saya mengatakan mungkin Tuhan terus memberkati Anda berlimpah dan memberi Anda lebih banyak kekuatan untuk terus membantu mereka yang membutuhkan bantuan Anda dalam hidup mereka. email dia sekarang dia menunggu untuk menerima Anda. droziegbespellhomecure@hotmail.com

    DR OZIEGBE BISA SERTA CURE BERIKUT PENYAKIT:

    1. HIV / AIDS
    2. HERPES
    3. KANKER
    4. ALS
    email: DROZIEGBESPELLHOMECURE@GMAIL.COM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada nomer wa atau no hp apa ngga Bu bagwali stella

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.