16 Mei 2013

Mentality Down karena Takut AIDS Akibat Ganti-ganti Pacar

Tanya-Jawab AIDS No 8/Mei 2013

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan melalui: (1) Surat ke LSM ”InfoKespro”, PO Box 1244/JAT, Jakarta 13012, (2) Telepon (021) 4756146, (3) e-mail aidsindonesia@gmail.com, dan (4) SMS 08129092017. Redaksi.

*****
Tanya: Dengan menyebut nama tuhan yang maha pengasih dan penyayang saya, laki-laki 23 tahun, bertanya di mana alamat tes HIV di Kota S? Saat ini saya dalam kondisi mentality down dan sangat paranoid karena saya baca artikel tentang HIV/AIDS dengan gejala-gejala yang ada pada saya, al. demam, tenggorokan sakit, dll. Setahun yang lalu saya sering ganti-ganti pasangan berupa berganti-ganti pacar.

Via SMS (5/5-2013)

Jawab: Perilaku Anda berisiko tertular HIV karena tidak ada jaminan semua pacar Anda tidak mengidap HIV/AIDS.  Artinya, kalau salah satu dari pacar Anda itu mengidap HIV/AIDS, maka Anda pun berisiko terular HIV/AIDS. Soalnya, Anda tidak bisa menjamin semua pacar Anda tsb. tidak mempunyai pasangan (laki-laki) lain baik sebelum dan selama pacaran dengan Anda.

Tidak ada gejala atau tanda-tanda yang khas pada fisik seseorang yang tertular HIV. Gejala atau tanda-tanda yang terkait dengan HIV/AIDS terjadi di masa AIDS yaitu setelah tertular HIV antara 5-15 tahun, berupa penyakit yang disebut infeksi oportunistik, seperti demam berkepanjangan, jamur, ruam, diare, TBC, dll.

Gejala itu terkait dengan HIV/AIDS jika penyakit-penyakit tsb. sulit disembuhkan pada diri ybs., sedangkan pada orang lain penyakit tsb. bisa disembuhkan.

Apakah Anda sudah berobat ke dokter terkait dengan penyakit-penyakit yang Anda derita itu?

Kalau Anda sudah berobat dan sulit disembuhkan, maka sebaiknya Anda berpikir untuk menjalani tes  HIV. Hanya dengan tes HIV bisa diketahui secara pasti apakah Anda sudah tertular HIV atau belum.

Silakan ke Klinik VCT (tempat khusus tes HIV secara sukarela yang gratis dengan bimbingan dan kerahasiaan) di rumah sakit umum di kota Anda. Silakan kabari kami jika ada kesulitan untuk menghubungi klinik VCT.***

. - AIDS Watch Indonesia/Syaiful W. Harahap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.