08 Februari 2013

Risiko Tertular HIV jika Memegang Vagina PSK


Tanya-Jawab AIDS No 11 /Februari 2013

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan melalui: (1) Surat ke LSM ”InfoKespro”, PO Box 1244/JAT, Jakarta 13012, (2) Telepon (021) 4756146, (3) e-mail aidsindonesia@gmail.com, dan (4) SMS 08129092017. Redaksi.

*****
Tanya:  Saya pernah tiga kali ngeseks dengan pekerja seks komersial (PSK) dengan memakai kondom. Hubungan seks kedua dan ketiga saya sempat memegang vagina PSK sebelum melakukan hubungan seks. (1) Apakah ada risiko saya tertular melalui jari? (2) Setelah hubungan seks yang ketiga esok harinya saya langsung tidak enak badan. Saya sangat stres. Hubuangan seks terakhir sebulan yl. Apa yang harus saya lakukan? (3) Saya mau tes HIV, di mana tempat yang bagus? (4) Apakah ada nomor telepon tempat tes di kota saya? (5) Berapa biaya tes HIV?

J, Palembang, Sumatera Selatan, via SMS 31/1-2013

Jawab: (1) dan (2) Jika Anda jujur bahwa setiap kali ngeseks dengan PSK Anda memakai kondom, maka risiko tertular HIV sangat kecil. Sedangkan risiko tertular melalui jari yang menyentuh vagina PSK juga kecil selama tidak ada luka-luka di jari Anda. Tidak ada gejala yang khas ketika seseorang tertular HIV, tapi jika ada demam dengan panas tinggi dan lama sembuh bisa jadi ada kaitannya dengan perilaku Anda. Jika Anda merasa was-was sebaiknya menjalani tes HIV, tapi Anda harus menunggu dulu tiga bulan dengan catatan selama menunggu tiga bulan dari hubungan seksual terakhir Anda juga tidak ngeseks dulu.

(3), (4) dan (5) Niat Anda bagus. Silakan ke Klinik VCT (tempat tes sukarela yang gratis dengan konseling dan kerahasiaan) yang ada di rumah sakit pemerintah di kota Anda. Atau kontak dinas kesehatan. Bisa juga menghubungi KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) di tempat Anda. Tes HIV di klinik VCT gratis. Lebih baik Anda langsung ke Klinik VCT. Jika sungkan pakai nama samaran dan berpakaian yang bisa menyamarkan Anda.

Akan lebih baik tes HIV segera, karena kalau ditunda-tunda juga akan menambah beban pikiran Anda. Kalau status HIV sudah diketahui akan bisa dilakukan langkah-langkah yang baik untuk menjalani hidup. ***

- AIDS Watch Indonesia/Syaiful W. Harahap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.