26 Januari 2013

Risiko HIV Jika Air Mani Tertelan Pacar


Tanya-Jawab AIDS No 12 /Januari 2013

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan melalui: (1) Surat ke LSM ”InfoKespro”, PO Box 1244/JAT, Jakarta 13012, (2) Telepon (021) 4756146, (3) e-mail aidsindonesia@gmail.com, dan (4) SMS 08129092017. Redaksi.

*****
Tanya: Saya sering melakukan seks oral dengan pacar saya. Setiap ejakulasi air mani saya ditelan oleh pacar saya. (1) Apakah menelan air mani bisa tertular HIV? Saya setia dengan pacar saya. Saya tidak memakai narkoba, tidak memakai tattoo.

“Xz” (via SMS, 23/1-2013)

Jawab: (1) Salah satu cairan tubuh yang mengandung HIV dengan konsentrasi yang bisa ditularkan ada dalam air mani (dalam sperma tidak ada HIV). Belum ada laporan kasus HIV/AIDS dengan faktor risiko seks oral. Risiko ada jika Anda mengidap HIV/AIDS dan pacar Anda menderita sariawan. Air mani yang tumpah di rongga mulut bersentuhan dengan bagian rongga mulut yang infeksi sehingga ada risiko penularan HIV.

Terkait dengan perilaku Anda semua terpulang kepada Anda. Biar pun Anda setia dengan pacar yang sekarang, apakah sebelumnya Anda juga mempunyai pacar? Apakah Anda pernah melakukan hubungan seksual dengan perempuan yang berganti-ganti atau dengan perempuan yang sering berganti-ganti pasangan, seperti pekerja seks komersial (PSK) serta waria?

Kalau Anda jujur, Anda tidak perlu menjalani tes HIV. Tidak ada risiko penularan HIV melalui seks oral. Tapi, penyakit lain bisa saja tertular jika Anda mengidap IMS. . ***[AIDS Watch Indonesia/Syaiful W. Harahap]***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.