20 Januari 2013

HIV/AIDS Membuat ‘Madesu’?


Tanya-Jawab AIDS No 06 /Januari 2013

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan melalui: (1) Surat ke LSM ”InfoKespro”, PO Box 1244/JAT, Jakarta 13012, (2) Telepon (021) 4756146, (3) e-mail aidsindonesia@gmail.com, dan (4) SMS 08129092017. Redaksi.

*****
Tanya: (1) Apakah orang terkena HIV/AIDS sudah pasti madesu? (2) Apa ciri awal orang yang tertular HIV?

“Xn” (via SMS 18/1-2013

Jawab: (1) HIV/AIDS bukan penyakit yang mematikan sehingga tidak otomatis membuat madesu (masa depan suram) karena semua penyakit pun bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara medis. Sekarang HIV/AIDS bisa diobati yaitu dengan obat antiretroviral (ARV) yang bisa menekan laju perkembangan HIV di dalam darah sehingga orang-orang yang mengidap HIV/AIDS tetap bisa hidup seperti biasa. Obar ARV diberikan gratis oleh pemerintah dengan syarat tes HIV di klinik VCT (tempat tes HIV sukarela gratis dengan konseling dan kerahasiaan) di rumah-rumah sakit umum yang ditunjuk pemerintah.


(2) Tidak ada ciri-ciri awal dan ciri-ciri khas orang yang sudah tertular HIV/AIDS. Secara fisik tidak bisa dibedakan antara yang mengidap HIV/AIDS dengan yang tidak mengidap HIV/AIDS. . ***[AIDS Watch Indonesia/Syaiful W. Harahap]***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.