30 Desember 2012

Mau Tes HIV Lagi


Tanya-Jawab AIDS No  29/Desember 2012

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan melalui: (1) Surat ke LSM ”InfoKespro”, PO Box 1244/JAT, Jakarta 13012, (2) Telepon (021) 4756146, (3) e-mail aidsindonesia@gmail.com, dan (4) SMS 08129092017. Redaksi.

*****
Tanya: Saya sudah pernah tes HIV dengan rapid test, hasilnya nonreaktif, tapi saya ragu. Maka saya ingin tes lagi. Tes HIV yang paling efektif menggunakan apa? Apakah hasil tes positif akan dirahasiakan? Saya mau tes tapi di mana? Biayanya mahal gak?

Tn ‘Xn’, Kota S, Jawa Tengah (via SMS 23/12-2012)

Jawab: Hasil tes HIV al. tergantung kepada kejujuran Anda terkait dengan tanggal terakhir Anda melakukan perilaku berisiko tertular HIV, al. melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan pekerja seks. Karena tes HIV bukan mencari virus (HIV), tapi antibody HIV, maka diperlukan waktu sampai tiga bulan agar antibody HIV ada di dalam darah. Ini disebut masa jendela.

Nah, jika Anda pada masa jendela ketika menjalani tes HIV dengan rapid test, maka hasil tes itu bisa negatif palsu (HIV sudah ada di dalam darah tapi tidak terdeteksi karena pada masa jendela), atau positif palsu (HIV tidak ada di dalam darah tapi hasil tes reaktif).

Selain itu pada tes HIV ada ketentuan bahwa tes pertama harus dikonfirmasi dengan tes lain. Apakah tes HIV Anda itu dikonfirmasi?

Hasil tes HIV reaktif dan nonreaktif yang dilakukan dengan standar baku akan merahasiakan identitas.

Kalau Anda ingin tes lagi, silakan hubungi klinik VCT (tempat tes HIV gratis sukarela dengan konseling dan rahasia) di kota Anda. ***[AIDS Watch Indonesia/Syaiful W. Harahap]***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.