15 Desember 2012

Kalau Hasil Tes HIV Positif Merasa Tak Punya Harapan Lagi


Tanya-Jawab AIDS No 21 /Desember 2012

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan melalui telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan melalui: (1) Surat ke LSM “InfoKespro” PO Box 1244/JAT Jakarta 13012, (2) e-mail aidsindonesia@gmail.com, (3) Telepon (021) 4756146, atau (4) SMS 08129092017. Redaksi.

*****

Tanya: Hasil tes darah saya dengan ELISA menunjukkan reaktif TU 26,93, (1) Apakah saya terjangkit HIV? Hasil tes di rumah sakit mereka langsung memberikan hasil secara lisan, kalau di lab hasilnya tertulis. (2) Kalau saya benar tertular HIV, apa yang harus saya lakukan sekarang? Kayaknya sudah tidak ada lagi harapan dalam hidup ini.

Tn D (via SMS, 4/12-2012)

Jawab: Terkait dengan tes HIV akan lebih baik jika tidak dilakukan di sembarang tempat, seperti laboratorium yang tidak mempunyai konselor (pembimbing) yang sudah terlatih. Tes HIV di klinik VCT (tempat tes HIV sukarela dengan konseling dan kerahasiaan yang gratis) akan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang HIV/AIDS dan tes HIV. Koseling dilakukan sebelum dan sesudah tes. Hasil tes pun tidak langsung diberikan. Bisa saja yang membuka hasil tes konselor atau dokter kalau Anda tidak bersedia. (1) Itulah salah satu risiko kalau tes di tempat yang tidak ada konselor. Mereka hanya memberikan hasil tes tanpa bimbingan. Silakan ditanya ke lab atau tempat tes yang memberikan hasil tsb., apakah hasil itu memastikan terular HIV atau tidak. (2) Terdeteksi positif HIV melalui tes HIV tidak berarti semuanya habis. Banyak yang terdeteksi HIV belasan tahun tapi tetap hidup biasa sehari-hari. Untuk itulah Anda sebaiknya tes di klinik VCT agar diberikan bimbingan yang bisa menenteramkan hati. ***[AIDS Watch Indonesia/Syaiful W. Harahap]***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.