11 Oktober 2012

‘Praktek’ Pekerja Seks Komersial (PSK) di Manokwari, Papua Barat, ‘Dikapling’



“Pak, bikin beritanya, dong, masak kami dipaksa di sini sedangkan ‘cewek Manado’ boleh di hotel.” Itulah curahan hati seorang pekerja seks komersial (PSK) asal Jawa Timur yang dipaksa mangkal di lokalisasi pelacuran “Maruni 55” di Manokwari, Papua Barat.


PSK asal Pulau Jawa digiring ke Maruni 55, sedangkan PSK dari Manado dan dari daerah lain boleh beroperasi di Kota Manokwari. 

Beberapa PSK asal P Jawa di “Maruni 55” mengaku kesal dan jengkel terkait dengan perlakuan terhadap mereka.
Kasus kumulatif HIV/AIDS di Kabupaten Manokwari, Prov Papua Barat, yang terdeteiksi sejak tahun 2001 hingga Maret 2012 tercatat 671.

Celakanya, banyak laki-laki ‘hidung belang’ yang merasa dirinya tidak berisiko tertular IMS (infeksi menular seksual, seperti sifilis, GO, hepatitis B, dll.) dan HIV/AIDS karena mereka tidak melacur dengan PSK di lokalisasi pelacuran “Maruni 55”.

Padahal, di “Maruni 55” ada LSM yang menjangkau PSK sebagai bagian dari advokasi dan sosialisasi agar laki-laki ‘hidung belang’ memakai kondom jika sanggama dengan PSK.

Tapi, sebaliknya di berbagai tempat yang dijadikan ajang praktek pelacuran di Kota Manokwari tidak ada advokasi dan sosialisasi untuk mendorong pemakaian kondom pada laki-laki ‘hidung belang’.

Maka, insiden infeksi HIV baru pada laki-laki ‘hidung belang’ di Manokwari akan terjadi karena perilaku laki-laki ‘hidung belang’ di Kota Manokwari melalui praktek pelacuran. Tidaklah mengherankan kalau kelak kasus HIV/AIDS di Papua Barat, khususnya di Kota Manokwari, banyak terdeteksi pada pengusaha, pegawai, karyawan, aparat dan lain-lain karena tidak ada penjangkuan kepada PSK untuk meminta pasangannya memakai kondom.

Biar pun di “Maruni 55” sudah ada LSM yang melakukan advokasi dan sosialisasi, tapi tetap saja banyak laki-laki ‘hidung belang’ yang tidak mau memakai kondom. “Laki-laki lokal tidak mau memakai kondom,” kata seorang PSK yang mengaku berasal dari Jawa Timur. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Komisi Penanggulangan ADS (KPA) dan Dinkes Papua Barat karena terkait dengan mata rantai penyebaran HIV. 

Yang diperlukan di Papua Barat adalah program yang konkret yaitu intervensi agar laki-laki ‘hidung belang’ memakai kondom ketika melakukan hubungan seksual dengan PSK. Celakanya, dalam Perda AIDS Manokwari pun tidak ada langkah konkret untuk menanggulangi HIV/AIDS (Lihat: Perda AIDS Kab. Manokwari, Prov Papua Barat - http://www.aidsindonesia.com/2012/10/perda-aids-kab-manokwari-prov-papua.html). 

Program intervensi yang konkret yaitu keharusan bagi laki-laki ‘hidung belang’ untuk memakai kondom ketika sanggama dengan PSK, baik di “Maruni 55” dan di hotel-hotel di berbagai kota di Kota Manokwari.

Tanpa program yang konkret, maka jumlah ibu rumah tangga yang terdeteksi mengidap HIV/AIDS akan terus bertambah yang berujung pada peningkatan jumlah bayi yang lahir dengan HIV/AIDS. ***[AIDS Watch Indonesia/Syaiful W. Harahap]***

4 komentar:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    BalasHapus
  2. PUSAT PEMBESAR PENIS, OBAT KUAT TAHAN LAMA, PERANGSANG WANITA, KOSMETIK, DAN ACCESORIES SEX P/W TERLENGKAP...!!



    Pembesar Penis Cepat

    Vakum Pembesar Penis

    Obat Kuat Sex

    Obat Penggemuk Badan

    Pelangsing Tubuh Cepat

    Perontok Bulu Kaki

    Penis Ikat Pinggang

    Alat Pembesar Payudara

    Obat perangsang wanita

    Vagina Center

    Obat Penyubur Sperma



    HOTLINE : 0812 3377 0077

    PIN BB : 2A70 31BC

    BalasHapus
  3. Halo teman-teman, apakah anda mencari seorang asli tempat untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan? Aku telah menemukan yang asli tempat di mana saya mendapatkan pinjaman. Ini adalah sebuah Islam serikat kredit dibentuk oleh semacam musiim saudara-saudara, untuk membantu orang-orang yang benar-benar butuh pinjaman untuk berbagai tujuan. Aku punya mereka kirim lewat seorang teman saya dari Jakarta yang punya pinjaman dari mereka juga. Saya pikir itu adalah palsu seperti yang lain. Tapi ketika dia mengatakan kepada saya untuk mencoba mereka dan aku melakukannya, dan aku menyadari bahwa mereka di mana benar-benar berbeda dari yang lain palsu orang-orang di internet yang mengaku sebagai pinjaman pemberi pinjaman. Dear teman-teman, jika kamu benar-benar perlu mendesak pinjaman, hanya kirim mereka sekarang dan ikuti mereka semua instruksi untuk akhirnya, dan kamu akan mendapatkan pinjaman. Jangan takut karena jika anda takut dan rasa mereka telah seperti yang lain, kau tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka. Hanya mencoba mereka sekarang dan kau tak akan yakin. Mereka adalah email frb228815@gmail.com

    BalasHapus

  4. Coba peruntungan Anda di SINIDOMINO, Agen Domino Online Terbaik di Indonesia.
    Hanya dengan Minimal Deposit Rp 20.000,- Anda sudah bisa menikmati 7 permainan dalam 1 ID yang di sediakan SINIDOMINO.
    Buruan gabung dan daftarkan diri Anda Jangan sampai ketinggalan ya!!!
    SINIDOMINO juga memberikan Bonus Menarik untuk Para Poker Mania :
    ? Bonus Referral 20% (Seumur Hidup)
    ? Bonus Cashback Up To 0.5%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    ? 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Hubungi Customer Service Kami di :
    LiveSupport 24 jam (NONSTOP)
    ? LiveChat :http://www.sinidomino.com/?ref=limm88
    ? Pin BBM : D61E3506
    Terima Kasih
    poker online

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke situs AIDS Watch Indonesia.
Silahkan tinggalkan pesan Anda untuk mendapatkan tanggapan terbaik dari pembaca lainnya, serta untuk perbaikan ISI dan TAMPILAN blog ini di masa mendatang.